Kamis, 22 November 2012

Tips Memberi Nama Pada Produk Anda


Tips Memberi Nama Pada Produk Anda
Pernah gak bingung memberikan nama bagi calon bayi atau tiba-tiba diminta teman untuk member saran nama yang cocok untuk bayi mereka ? Mungkin sama bingungnya member nama perusahaan atau produk kita yang sedang kita rintis saat ini.
Persaingan sedang ramai, sudah banyak nama-nama yang catchy baik produk dan usaha jasa, positifnya sih akan membuat kita lebih kreatif memilih nama. Keunikan nama memang harus diperhatikan, namun juga harus dipertimbangkan dengan tujuan usaha anda, jenis produk atau jasa yang ditawarkan dan juga memperhatikan target pasar.
Tantangannya, bagaimana membuat brand atau nama produk kita mudah diingat konsumen dan berhasil menjadi top of mind. Berikut tips bagaimana member nama pada produk dan perusahaan kita.
Pertama, Gampang ingat dan NgertiPertimbangan pertama dan menjadi sangat penting adalah memilih nama yang mudah dimengerti dan mudah diingat konsumen. Petimbangannya bisa melalui bahasa yang dipilih dan keunikan nama yang ditentukan. Jangan menggunakan bahasa atau kosa kata yang sulit diucapkan dan dimengerti maksudnya akibatnya hanya sedikit konsumen yang bisa mengingat nama produk kita.
Artikan nama Produk KitaOk. Ceritanya sudah ketemu dengan nama yang keren dan gampang diingat. Tapi, jangan buru-buru diperkenalkan ke masyarakat luas, yakinkan bahwa kita sudah mengerti arti dan mendefinisikannya . bagaimana konsumen mengerti arti brand usaha kita ? Ada dua cara, pertama dengan memberikan penjelasan kepada konsumen secara kontinyu mengenai definisi produk kita, berikan penjelasan dalam berbagai bentuknya.
Misalnya, konsep pemasaran apotek K24 yang terus memberikan arahan kepada konsumen bahwa apotek ini buka 24 jam selama seminggu dan menguatkan diri sebagai apotek yang lengkap. Cara kedua adalah dengan member kesempatan kepada konsumen untuk member arti sendiri.
Kembali ke awal proses member nama kepada usaha atau nama produk dan layanan jasa kita. Orang-orang Indonesia sangat kreatif dalam member nama usaha mereka, setuju kan ? Banyak sekali nama-nama usaha atau produk yang terdengar unik dan berasal dari nama apapun di sekeliling kita.
Nama sebuah tempat bisa menjadi inspirasi. Contohnya perusahaan software Adobe yang diambil dari nama sungai Adobe Creek di belakang rumah pendirinya, John Warnock. Ada juga perusahaan telko Cisco yang berasal dari nama kota San Fransisco.
Pengusaha lokal juga banyak yang mengambil nama usahanya dari sebuah nama tempat, misalnya travel Cipaganti, rumah makan Cibiuk, Ayam Goreng Kalasan, dan sebagainya.
Banyak juga yang member nama produk atau usahanya dari mitologi misalnya produsen alat olahraga Nike yang diambil dari mitologi Yunani, yaitu dewi kemenangan. Ada juga nama perusahaan elektronik Asus yang diambil dari kata Pegasus yang artinya kuda terbang dalam mitologi Yunani.
Mau coba dari nama hewan ? Reebok ternyata berasal dari nama Rhebok, antelope asal afrika. Atau dari nama buah-buahan ? Seperti mendiang Steve Jobs yang member nama Apple Computer saat ia sedang menikmati buah apel.
Boleh juga dari singkatan, misalnya Maspion yang merupakan singkatan dari “Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional”. Pernah menggunakan Skype ? Tenyata Skype adalah singkatan dari “Sky-Peer-to-Peer”.
Nama setempat mungkin ? Misalnya Sanyo, dalam bahasa Jepang memunyai arti “tiga lautan” atau Samsung yang artinya “bintang tiga” dalam bahasa Korea. Dan, bisa juga dari nama orang misalnya, Casio yang diambil dari nama pendirinya Kashio Tadao, Ayam Goreng Fatmawati, Ayam Goreng Mbok Berek, Kripik Setan Mama Icih, Sate Pak Sadi dan sebagainya.
Mudah kan ? gak perlu bersemedi di Gunung hanya untuk mendapatkan inspirasi nama yang baik untuk nama perusahaan dan produk kita. Nah, tulis deh semua usulannya, tuliskan juga arti dan filosofisnya. Lumayan seru, pasti..:)

0 komentar:

Posting Komentar

 
- ,