Minggu, 27 Mei 2012

Proses Bisnis dan Visi Misi Perusahaan


Serial Proses Bisnis
Oleh: Mathias Thaib
CEO Alomet and Friends
Tentu saja proses bisnis harus dapat dijalankan sesuai dengan misi, visi, dan values perusahaan. Memang demikianlah maksud dari proses bisnis,  yaitu mencapai tujuan perusahaan jangka panjang (competitiveness & sustainability).
Permasalahannya bagaimana mewujudkannya? Untuk dapat mewujudkan proses bisnis yang benar maka kita tidak dapat bekerja secara instan seperti layaknya pebisnis perantara yang sekarang lebih terkenal dengan nama pebisnis calo atau makelar yang bermental instan. Kita harus bermental industrialis, yaitu memahami bahwa setiap pencapaian tujuan selalu menuntut suatu proses, selalu ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.
Tahapan-tahapan ini dapat diwujudkan melalui metodologi dan kaidah-kaidah Arsitektur Bisnis perusahaan yang kami sosialisasikan selama ini kepada publik.
Arsitektur Bisnis adalah rancangan atau cetak biru (blue print) proses bisnis sebuah perusahaan yang menggambarkan hubungan keterkaitan antara berbagai tujuan strategis perusahaan (strategic purpose) seperti misi, visi, tata nilai dengan aktivitas kerja pimpinan dan karyawannya dalam sebuah peta strategi (strategic map) dan peta proses operasional (process and operational map), dengan penjabaran dan uraian lebih lanjut, termasuk di dalamnya rumusan penawaran nilai (Value proposition) produk dan jasa kepada pelanggannya.
Peta strategi merupakan landasan utama organisasi perusahaan untuk proses operasional perusahaan dalam pencapaian tujuan strateginya, yang dilengkapi dengan komponen-komponen kerjanya yang terhubung satu sama lain, termasuk dengan lingkungannya disertai dengan prinsip-prinsip penggunaan dan perbaikannya.
Sehingga yang terpenting dalam menjalankan organisasi perusahaan yang fokus kepada strategi adalah konsistensi dalam perumusan, perancangan, perencanaan dan eksekusi proses bisnis perusahaan.
Sehingga wajar jika Robert Kaplan dan David Norton, dua orang pencetus gagasan pengetahuan Balanced Scorecard perusahaan, menyatakan :
The true and real company strategic planning is how to link strategic thinking to operation management.

0 komentar:

Posting Komentar

 
- ,