Selasa, 26 Juni 2012

Menentukan Visi dan Misi yang baik


Pendahuluan

Hallo, saya kembali lagi untuk menulis catatan tentang bagaimana menentukan visi dan misi yang baik. Saya membuat catatan ini ketika akan membentuk organisasi baru bersama teman-teman saya.
Setiap organisasi tentu punya visi dan misi yang jelas sehingga organisasi yang akan dibentuk akan mempunyai tujuan yang jelas. Fungsi dari visi dan misi organisasi adalah untuk membuat jalannya organisasi tetap fokus dan terkendali. Pernyataan visi dan misi yang dibuat akan menjelaskan peran dari organisasi yang dibentuk.

Pertanyaan penting yang perlu dijawab mengenai visi dan misi

Ketika akan membuat visi dan misi organisasi ada beberapa pertanyaan penting yang perlu dijawab.
  1. Mengapa organisasi tersebut ada?
  2. Siapa yang memerlukan organisasi ini?
  3. Apa yang bisa diberikan organisasi kepada stakeholder?
  4. Apa yang membuat organisasi ini berbeda dengan organisasi yang sejenis?

Apa itu visi?

Visi menggambarkan tujuan atau kondisi dimasa depan yang ingin dicapai. Visi memberikan gambaran yang jelas dimasa mendatang yang bisa dilihat oleh anggota organisasi dan stakeholder.

Hal-hal yang perlu mendasari visi

Dalam membuat pertanyaan visi ada beberapa hal yang mendasari visi yang akan dibuat:
  1. Measurable. Sehingga anggota organisasi bisa mengukur apakah tindakan yang dilakukan mendukung visi organisasi atau tidak.
  2. Inspiratif. Mampu membuat anggota organisasi terinspirasi dalam setiap tindakan yang dilakukannya.
  3. Haruslah jelas, tidak terlalu abstrak serta mudah di mengerti.

Kriteria visi yang baik

Pernyataan visi yang baik harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:
  1. Succinct. Pernyataan visi harus singkat sehingga tidak lebih dari 3-4 kalimat.
  2. Appealing. Visi harus jelas dan memberikan gambaran tentang masa depan yang akan memberikan semangat pada anggota organisasi.
  3. Feasible. Visi yang baik harus bisa dicapai dengan sumber daya, energi, waktu. Visi haruslah menyertakan tujuan dan objektif yang stretch bagi anggota organisasi.
  4. Meaningful. Pernyataan visi harus bisa menggugah emosi positif anggota organisasi namun tidak boleh menggunakan kata-kata yang mewakili sebuah emosi.
  5. Measurable. Pernyataan visi harus bisa diukur sehingga dimungkinkan untuk melakukan pengukuran kinerja sehingga setiap anggota organisasi bisa mengetahui apakah visi sudah bisa dicapai atau belum.
Berikut adalah template yang bisa digunakan untuk menentukan visi organisasi:
We seek to become
______________________________________________
for (customer)
______________________________________________

Kriteria misi yang baik

Pernyataan misi yang baik haruslah memenuhi beberapa kriteria seperti berikut:
  1. Simple and Clear. Pernyataan misi harus dicukup diwakili oleh 2-3 pernyataan saja. Semua pernyataan tersebut harus sederhana dan jelas dimengerti serta tidak menggunakan jargon-jargon organisasi.
  2. Broad and long-term in future. Pernyataan misi organisasi harus cukup luas mengakomodasikan perkembangan organisasi di masa mendatang. Misi organisasi harus bisa menunjukan gambaran yang akan dicapai di masa depan dengan jelas. Pernyataan misi organisasi harus tetap valid pada 20 tahun mendatang sama seperti kondisi sekarang.
  3. Focus on the present. Pernyataan misi organisasi tidak boleh terlalu berorientasi pada masa depan sehingga kurang bisa fokus pada kondisi organisasi di masa sekarang.
  4. Easy to understand. Misi organisasi harus mudah dimengerti. Misi yang mudah dimengerti akan memudahkan mengkomunikasikan misi tersebut kepada anggota organisasi dan stakeholder.
Untuk menjawab menyakinkan apakah pernyataan misi organisasi yang dibuat sudah cukup baik, coba untuk menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini ?

We exist to (purpose or need)

_______________________________________________
To provide (service or product)
_______________________________________________
for (customers)
_______________________________________________
so that (planned outcomes or benefits)
_______________________________________________

0 komentar:

Posting Komentar

 
- ,